logoblog

Cari

Tutup Iklan

Keterbatasan Sarana Air Bersih Dusun Arow Inak

Keterbatasan Sarana Air Bersih Dusun Arow Inak

KM Sambang Kampung- Petugas Puskesmas Jerowaru harus bekerja keras untuk memberikan penyuluhan tentang kebersihan lingkungan di Sembilan desa yang ada di

Pengaduan Kesehatan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
06 Maret, 2014 21:49:56
Pengaduan Kesehatan
Komentar: 6
Dibaca: 7045 Kali

KM Sambang Kampung; Petugas Puskesmas Jerowaru harus bekerja keras untuk memberikan penyuluhan tentang kebersihan lingkungan di Sembilan desa yang ada di kecamatan ini. Memberikan penyadaran memang sangat sulit karena keterbatasan sumber mata air, masih banyak desa yang mengandalkan air hujan sebagai sumber memperoleh air. Pada musim kemarau masyarakat dibeberapa dusun harus membeli air akibatnya adalah banyak masyarakat yang membuang kotoran disembarang tempat.

Adapun data perbandingan jumlah jamban dengan jumlah kepala keluarga (KK) di Kecamatan Jerowaru adalah Desa Jerowaru jumlah KK 3.121 jumlah jamban 1002, Pandan Wangi jumlah KK 2.651 jumlah jamban 788, Pemongkong jumlah KK 1.443 jumlah jamban 37, Sekaroh jumlah KK 1.672 jumlah jamban 104, Ekas Buana jumlah KK 699 jumlah jamban 36, Kuang Rundun jumlah KK 408 jumlah jamban 13, Sepapan jumlah KK 1.248 jumlah jamban 735, Serewe jumlah KK 705 jumlah jamban 81, Paremas jumlah KK 680 jumlah jamban 93. Perbndingan ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang membuang kotorannya di sembarang temapat.

Menerut petugas Sanitarian Puskesmas Jerowaru Zuhrotul Aini A.md.KL bahwa" didusun Aro Inak desa Pemongkong masih banyak masyarakat yang menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air Keperluan untuk mandi, mencuci bahkan minum berasal dari air hujan. Pada saat musim kemarau masyarakat membeli air dengan jirigen. Biasanya setiap jirigen berisi 10 liter dibeli oleh masyarakat Rp 10.000 per tiga jirigen”.

Kondisi masyarakat yang sulit ini menjadi perhatian LSM Islamic Relip untuk membatu mengatasi masalah yang rumit ini. LSM Islamik Relip bekerjasama dengan Puskesmas Jerowaru melakukan pendataan jumlah ketersediaan jamban dan sarana air bersih. Koordinator Pendataan jamban adalah Sarudin dan petugas sarana air bersih dilakukan oleh Senah didusun Aro Inak. hasil pendataan ini nantinya akan dipergunakan sebagai dasar pemberian bantuan jamban dan sarana air bersih didusun  Arow Inak.

 

Baca Juga :


Pemerintah harus segera mengatasi masalah ini dengan menyediakan fasilitas air bersih kewilayah ini. Sumber mata air dari desa terdekat dapat dialirkan sampai ke dusun Arow Inak dengan menggunakan pipa. Masyarakat dusun arrow Inak sudah mencoba untuk menggali namu airnya terasa payau dan asin. (nadia) - (01)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

6 KOMENTAR

  1. KM. Krens-Lotim

    KM. Krens-Lotim

    04 April, 2014

    Dusun Arow Inak berada diwilayah selatan lombok Timur tepatnya di desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru atau jalan menuju lokasi wisata pantai Pink


    1. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      07 April, 2014

      betul sekali pak ...alamatnya tepat sekali...


  2. fairuz abadi

    fairuz abadi

    06 Maret, 2014

    Mohon diperjelas Dusun Arow Inak ini berada di Desa mana dan Kecamatan mana agar tak terjadi pemahaman yang keliru mengingat pada paragraf ke 3 terdapat tanda petik yang tak jelas maksudnya.


    1. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      07 April, 2014

      tanda petik utuk menjelaskan pendapat atau kata menurut Petugas Puskesmas jerowaru..jika keliru nanti kt perbaiki...


    2. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      07 April, 2014

      kecamatan Jerowaru LOTIM


    3. burex muridmacel

      burex muridmacel

      13 Maret, 2014

      lek mbe jak aran dusun sak meriku,,,,,?hehe


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan