logoblog

Cari

Tutup Iklan

Memilukan, Pasien Lansia Ini Dipasang Oksigen Bohongan?

Memilukan, Pasien Lansia Ini Dipasang Oksigen Bohongan?

KMBOLO.com—Seorang pasien rawat inap di Puskesmas Bolo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sempat mengalami sock setelah diketahui oksigen yang

Pengaduan Kesehatan

KM Bolo
Oleh KM Bolo
24 April, 2017 18:50:30
Pengaduan Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 17594 Kali

KMBOLO.com—Seorang pasien rawat inap di Puskesmas Bolo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sempat mengalami sock setelah diketahui oksigen yang dipasang oleh oknum petugas (perawat) diketahui tak berisi oksigen alias kosong. Prilaku buruk yang dilakukan oleh oknum perawat tersebut, pun menghadapi protes dan sikap kerah dari pihak keluarga pasien saat itu.

Peristiwa yang memilukan dunia kesehatan di PKM Bolo ini, terjadi pada tanggal 10 April 2017 lalu. Pasien bernama Abubakar (68) asal Desa Bolo Kecamatan Madapangga yang rawat inap di PKM akibat diserang salah satu penyakit yang sangat membutuhkan bantuan oksigen, justeru dilayani dengan main-main yaitu memasang selang tanpa berisi oksigen.

Awalnya, pasien berusia lansia tersebut sempat mengeluh dan tidak merasakan apa-apa dari selang oksigen yang dipasang oleh oknum perawat. Setelah di cek, ternyata selang dari tabungan oksigen yang dipasang ke hidung pasien hanya ‘bohong-bohongan’ untuk mengelabui keluarga pasien. Karena demikian, keluarga pasien pun akhirnya memilih keluar dari tempat rawat inap.

Sebelunya, pihak keluarga pasien tak menerima adanya perlakukan oknum perawat di PKM Bolo saat itu. Bahkan mempertanyakan cara mereka memberikan pelayanan terhadap kenyamanan pasien. Apalagi pasien yang dilayani adalah pasien berusia lansia yang sangat membutuhkan oksigen.

“Eya mbak, memang tabung oksigennya kosong. Silakan ke RS Sondosia saja,” kutip keluarga pasien setelah mendapat klarifikasi dari oknum perawat di PKM Bolo saat itu.

Atas peristiwa memilukan tersebut, pihak keluarga pasien sangat menyayangkan cara pelayanan yang diberikan oleh oknum perawat di PKM Bolo. Bahkan kejadian yang telah menimpah pasien itu, akan diadukan ke Ombusmand Wilayah NTB karena dinilai mengada-ngada dengan memasang bantuan oksigen ‘bohong-bohongan’ kepada pasien yang sangat membutuhkan bantuan oksigen.

Lantas siapa yang bertanggung jawab atas peristiwa yang memilukan dunia kesehatan di PKM Bolo pada tanggal 10 April 2017 lalu.

 

Baca Juga :


Kepala PKM Bolo Bisrun SKM di konfirmasi terkait peristiwa tersebut, mengaku kaget. “Ko bisa seperti itu. Kalau memang tidak ada oksigen, rujuk segera ke RS Sondosia. Dari pada dipasang bohong-bohongan. Masih syukur tidak terjadi apa-apa pada pasien,” ujarnya Via HP, Senin (24/4/2017) sore.

Bisrun pun mengakui bahwa stock oksigen di Puskesmas Bolo memang terbatas, yakni hanya enam tabung ukuran besar saja. Jumlah tersebut tak cukup untuk kebutuhan sebulan bilamana banyak pasien yang membutuhkan oksigen. Namun, yang menjadi persoalan sekarang adalah pelayanan yang diberikan oleh mereka di ruang rawat inap terhadap pasien tersebut,” kata Bisrun. “Kalau itu yang terjadi, sama halnya itu pelayanan yang tidak becus,” tandasnya. 

Bisrun mengaku sudah sering kali mengingatkan dan memberikan pembinaan bentuk pelayanan dasar kepada mereka. Contohnya saja, ketika oksigen sudah tidak ada lagi, lalu kemudian ada pasien yang membutuhkan oksigen, segera dirujuk. “Tapi kenapa arahan saya ini tidak dilakukan,” tandas Bisrun.

Bahkan, lanjut Bisrun, untuk mempercepat pemberian pelayanan, jauh sebelumnya sudah dilakukan pembagian shief khusus mereka (PNS). Ada yang pagi, sore dan malam. “Tapi tetap saja ada masalah,” katanya.

            Bisrun pun siap memberikan klarifikasi terkait hal ini. Bagaimana pun juga, persoalan ini tetap berimbas pada dirinya. “Tetapi semuanya nanti akan terbongkar,” kata Bisrun.(adi)



 
KM Bolo

KM Bolo

Koordinator: SURYADIN Alamat : Jl. Lintas Sumbawa No.53 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Prov. NTB URL:kmbolo.com email:kmbolo@ymail.com Kontak Person: 085-25332-3535 ANGGOTA: Erik, Buhari, Rahmi

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan