logoblog

Cari

Tutup Iklan

Desa Wisata Mantar Krisis Air Bersih

Desa Wisata Mantar Krisis Air Bersih

KM. Serambi_Brangrea; Musim penghujan yang tidak kunjung datang tahun ini  membuat 279 KK di Desa Mantar Kecamatan Poto tano mengalami krisis

Pengaduan Kesehatan

KM. Serambi Brangrea
Oleh KM. Serambi Brangrea
22 Oktober, 2018 09:21:04
Pengaduan Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 2567 Kali

KM. Serambi_Brangrea; Musim penghujan yang tidak kunjung datang tahun ini  membuat 279 KK di Desa Mantar Kecamatan Poto tano mengalami krisis air bersih. Kurangnya pasokan air dari sumur-sumur warga telah dirasakan sejak bulan September lalu dan selalu berulang tiap tahunnya.

Untuk saat ini warga desa Mantar yang terdiri dari 1300 jiwa mengandalkan sumber air yang dikenal dengan nama “Ai Tete”. Warga harus menempuh jarak sejauh 6 km dengan kondisi jalan terjal dan berbatu untuk mencapai daerah tersebut. Di lokasi warga juga harus mengantri untuk bisa mendapat satu ember air dikarenakan lokasi sumber air tersebut juga dibutuhkan oleh desa tetangga yaitu dusun Omal Sapa.  Jangankan untuk kegiatan Mandi Cuci Kakus (MCK) untuk kebutuhan memasak pun masih jauh dari cukup ungkap Ali (36th) salah seorang warga.

Sejauh ini pemerintah melalui anggota kepolisian telah melakukan upaya dengan menyuplay air bersih menggunakan jerigen namun kuantitasnya masih jauh dari cukup. Hanya satu bulan sekali dan keterbatasan daya angkut kendaraan dirasa menjadi kendala kurangnya pasokan air kepada warga desa Negeri di Atas Awan ini.

 

Baca Juga :


Selain itu Pemerintah  Daerah Kabupaten Sumbawa Barat telah mengupayakan pembangunan penampung di lokasi sumber air Tete Batu yang rencananya akan dialiri melalui pipa yang kemudian akan dialirkan ke penampungan yang dekat dengan pemukiman warga. Namun hingga saat ini pembangunannya masih belum rampung dan warga sangat berharap agar proses penyelesaiannya bisa segera terelasasi sehingga warga tidak harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan air. (c_benk VH)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan