Minimnya Bantuan Terhadap Penderita Kusta Panda

KM Sarei Ndai.- Nasib  warga penderita kusta panda di Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat terkatung-katung. sebanyak 12 warga kusta merasa diasingkan setelah sejumlah bantuan dari pemerintah mulai minim. Bahkan perawatan penderita kusta ini mulai tidak terurus begitu pun dengan pendroping obat-obatan sudah tidak lagi, padahal penderita kusta panda masih membutuhkan perawatan. Kejadian tersebut sudah terjadi 5 tahun terakhir.

Informasi yang di himpun KM Sarei Ndai, Selama 30 tahun hidup penderita kusta panda sebelumnya pemerintah memperhatikan dengan perawatan bahkan membantu dengan beras sebanyak 50 kg untuk satu orang per bulanya, namun 5 tahun terakhir bantuan tersebut mulai berkurang. Beras yang diberikan pemerintah hingga hari ini sebanyak 8 kg untuk satu orang per bulanya.

Menurut salah satu penderita kusta panda Anwar (56 tahun) bantuan beras 8 kg untuk satu orang per bulan tidak mencukupi untuk kebutuhan satu bulan. Beras sebanyak itu hanya bisa mencukupi satu minggu saja. Selain minimnya bantuan dari pemerintah, penderita kusta panda ini juga tidak mendapatkan tempat tidur yang layak. Kondisi rumah yang di tempati mereka sangat memprinhatinkan, sejumlah papan yang digunakan dinding rumahnya sudah terlihat rapuh.

Saat ini bantuan untuk penderita kusta panda sangat minim. Per kepala penderita kusta hanya diberikan beras sebanyak 8 kilo gram per bulan, 1 kg pasir, 1 kg kopi dan satu kaleng susu serta sabun. Kalau dibandingkan dengan beberapa tahun lalu penderita kusta panda ini mendapat perhatian lebih terhadap pemerintah.

Penderita kusta panda berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan kehidupannya. Terutama bantuan beras, mereka berharap per bulannya bisa mendapat bantuan beras sebanyak 50 kg per orang, kalau hanya 8 kg beras itu hanya bisa mencukupi satu minggu saja. Begitu juga rumah yang ditempati penderita kusta, mereka juga harapkan rumahnya direhap dan obatan-obatan  kembali di droping. (Andre) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru